Monday 18 November 2013

Indonesia dalam Manga Jepang

Jika kita baca berbagai judul Manga, kita akan dapati beberapa unsur yang berbau khas Indonesia dalam beberapa scene di manga tersebut. Nah, berikut ini kita akan tampilkan beberapa scene manga Jepang yang terdapat unsur Indonesia di dalamnya. Mungkin ada beberapa yang belum tercium oleh kami, jadi kalau ada yang punya infonya bisa menambahkan di kolom komentar. ^_^

1. Taufik Hidayat
Taufik Hidayat dalam Manga Jepang
Dalam sebuah Manga yang berjudul "SMASH", tepatnya pada edisi 17 dan Chapter 159, terdapat sebuah adegan yang menyebutkan nama Taufik Hidayat. Dalam adegan tersebut, sosok tokoh utama yang bernama Shouta Azuma, dikatakan menjadi satu-satunya orang yang bisa meniru Backhand smash legendaris milik Taufik Hidayat. Wuih, mantap nggak tuh???

SMASH sendiri merupakan sebuah manga yang ditulis oleh Saki Kaori. Manga ini menceritakan tentang seorang pemuda Jepang bernama Shouta Azuma yang serius bermain Bulutangkis untuk menemukan seorang gadis misterius yang dulu pernah mengalahkan dirinya dalam sebuah pertandingan. Shouta pun akhirnya berlatih keras dengan harapan suatu saat nanti bisa bertemu lagi dengan gadis itu.

2. Pencak Silat
Ada Pencak Silat dalam Manga Jepang
Dalam sebuah manga yang berjudul "History's Strongest Disciple Kenichi", ada sebuah adegan dimana seorang musuh menggunakan sebuah jurus beladiri aneh yang menyerupai gerakan binatang yang sangat berbahaya. Kemudian orang tersebut mengatakan kalau beladiri yang digunakannya tersebut adalah Pencak Silat. Mantap kan???

Manga ini ditulis oleh Syun Matsuena dan terbit secara mingguan di Shonen Magazine hingga saat ini. Manganya pertama terbit pada 9 Agustus 2002. Anime adaptasinya dibuat oleh Tokyo Movie Shinsha dan ditayangkan pada Oktober 2006 hingga September 2007. 

3. Tempe
ada tempe dalam manga jepang
Dalam sebuah manga yang berjudul "Shokugeki No Soma", tepatnya pada Chapter 43 page 11, tempe muncul, dan disebutkan berasal dari Indonesia, serta sudah ada sejak 400 tahun yang lalu. Nah loh, orang Jepang saja yang katanya udah memegang hak paten tempe dan tahu mengakui kalau Tempe adalah makanan asli Indonesia yang lezat (dalam manga tersebut), kenapa kita mesti malu disebut mental tempe??? haha.

Shokugeki-no Soma merupakan manga tentang masak-memasak yang ditulis oleh Tsukuda Yuto dan ilustratornya, Shun Saeki/ TOSH dan berkolaborasi dengan seorang Chef terkenal bernama Morisaki Yuki. Manga ini terbit secara mingguan di Shōnen Jump sejak November 2012.

4. Chris John???
Petinju asal Indonesia di Manga Hajime No Ippo
Hajime No Ippo merupakan sebuah Manga yang bercerita tentang seorang anak bernama Ippo yang meniti karir sebagai seorang petinju profesional. Manga ini ditulis oleh George Morikawa. Dalam Manga seri 857 (Round 857), dikisahkan bahwa Ippo akan melawan seorang petinju jenius kelas bulu asal Indonesia yang bernama Wally yang berhasil menyabet gelar dunia hanya dengan 3 kali bertarung.

Ada yang bilang Wally ini adalah Muhammad Ali, tapi itu jelas tidak masuk akal, karena dikatakan berasal dari Indonesia dan berada pada kelas bulu. Sosok petinju dunia asal Indonesia yang berada di kelas bulu siapa lagi kalau bukan Chris John. So, kuat dugaan Wally ini memang terinspirasi dari Chris John. ^_^

5. "Bunga Mawar"
Bunga Mawar dalam Manga RahXephon
Ada yang pernah membaca Manga "RahXephon"??? Dalam manga karya Yutaka Izubuchi ini terdapat seorang tokoh yang bernama Elvy Hadhiyat, seorang pilot robot wanita yang handal yang berasal dari Indonesia. Tokoh ini muncul dalam Anime maupun Manga. Dalam manga dan anime, julukan Elvy adalah "Bunga Mawar" (menggunakan bahasa Indonesia loh, bukan menggunakan bahasa lain.). Keren kan??? ^_^

Selain kelima hal di atas, sebenarnya masih banyak lagi unsur Indonesia yang dibawa dalam Anime dan Manga Jepang, tetapi kita belum bisa menemukan screenshoot-nya. Kalau ada yang punya infonya, silahkan komentar di artikel ini. ^_^

Sumber : banyak sumber

6 komentar:

Unknown said...

di manga hyde & closer ada kemunculan wayang sekaligus dalangnya, bro

umaimahazzahrah said...

Kereeeen!

Rahmah Al Tiara said...

Di ouran high school host club juga ada episode ttg bali....

Dallas said...

manga freezing , keluarganya pergi ke bali . dan takjub akan suasana bali .

Emy said...

Wah, keren ...^^

endha said...

di anime jormungand juga ada gan

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons