Tuesday, 29 December 2015

Kuroko No Basket Extra Game akan tamat bulan Maret 2016

Beberapa bulan lalu Anime News Network memberitakan bahwa Kuroko No Basket Extra game akan mencapai klimaks pada tanggal 28 Desember 2015. Namun hingga kini, tanggal 29 Desember 2015, chapter terbaru Kuroko No Basket Extra Game masih juga belum nongol.

Alih-alih menunggu chapter 7 manga Kuroko No Basket Extra Game, yang didapat justru info baru mengenai akhir manga yang dikabarkan baru akan tamat di awal bulan Maret 2016.  

Menurut info yang lagi-lagi dari Anime News Network, dalam issue majalah Shueisha Jump Next (tempat KNB extra game diterbitkan) edisi 20 Januari, Tadatoshi Fujimaki mengatakan bahwa Kuroko No Basket Extra Game akan tamat pada bulan Maret 2016.

Cover majalah tersebut adalah gambar KNB Extra Game dengan tulisan berbunyi "the end of a legend". So, ini bad news sekaligus good news... again.

Dalam issue tersebut hanya disebutkan bahwa Kuroko No Basket Extra Game akan tamat pada bulan Maret. Namun tidak disebutkan itu chapter berapa. 

Good News nya adalah, KNB Extra Game tidak jadi tamat sekarang. Bad News nya adalah jika yang dimaksud "tamat" tersebut tetap pada chapter 7, berarti kita harus menunggu 3 bulan lagi untuk membaca kelanjutan manga Kuroko No Basket Extra Game

So, semoga saja mundurnya akhir cerita hingga bulan Maret, berarti akan menambah setidaknya 3 chapter lagi. Haha...

Referensi: ANN

Monday, 28 December 2015

Karakter-Karakter Non Anime/Manga Yang Populer dikalangan Otaku

Pertama kali mendengar nama Mirai Suenaga dari temen-temen yang hobi banget sama Jejepangan, saya pikir itu adalah tokoh heroin satu anime yang populer. Tiap ada acara Jejepangan, ada saja penjual pernak-pernik anime (terutama distro baju anime) yang menjual karakter tersebut. 

Namun setelah saya cari-cari di internet, ternyata tidak ada manga ataupun anime yang karakter heroinnya bernama Mirai Suenaga. Usut punya usut ternyata Mirai Suenaga memang bukan karakter anime/manga, melainkan sebuah karakter maskot. 

Ternyata, para penggemar Jejepangan, tidak hanya nge-fans sama karakter anime/manga, melainkan ada juga karakter-karakter maskot yang begitu populer di kalangan mereka. Kira-kira apa saja ya karakter Non Anime/Manga Yang Populer dikalangan Otaku??? Berikut sedikit banyak yang kita ketahui:

1. Mirai Suenaga
Mirai Suenaga
Merupakan satu karakter cewek manis rekaannya Danny Choo. Karakter ini pertama kali dibuat pada tahun 2007 sebagai maskot dari Culture Japan. Awalnya hanya dibuat untuk mempercantik website dannychoo.com, tetapi tak dinyana ternyata karakter ini tumbuh menjadi begitu populer. Hingga akhirnya dipakai untuk berkolaborasi dengan beberapa perusahaan anime dan game seperti Square Enix, Good Smile Company, Bushiroad, Ascii Media Works, King Records dan Nitroplus.
Karena sambutan khalayak terhadap karakter Mirai Suenaga begitu wow, menyusul kemudian terlahirlah pula karakter-karakter lain seperti Haruka Suenaga, Katana Hoshikawa dll.

2. Hatsune Miku
Konser Hatsune Miku
Lain Mirai lain halnya dengan Hatsune Miku. Miku merupakan karakter maskot untuk sebuah software music sintetis yang bernama Vocaloid. Berkembang dari sebuah karakter maskot yang begitu populer, kini Hatsune Miku tumbuh menjadi Diva animasi 3D dengan jutaan fans di seluruh dunia.
Tidak hanya suaranya saja yang dipakai untuk membuat sebuah lagu, kini Hatsune Miku sudah dihidupkan dengan teknologi hologram mutakhir untuk tampil secara live dalam sebuah show konser musik. .

3. Super Sonico
Super Sonico
Awalnya karakter yang dibuat oleh Tsuji Santa ini hanyalah bertujuan untuk menjadi maskot Nitroplus-sponsored music festival pada tahun 2006. Namun kemudian Nitroplus menjadikannya sebuah media franchise yang muncul dalam berbagai produk seperti produk musik, figure, game, hingga dibuatkan manga dan anime sendiri.
Berbeda dengan Miku atau Mirai yang populer karena dianggap kawai, Sonico lebih cenderung dikenal karena sexy. Salah satu ciri khas yang menjadi daya tarik karakter Sonico adalah ukuran dadanya yang besar.

4. Black Rock Shooter
Black Rock Shooter
Merupakan sebuah karakter media franchise buah karya dari ilustrator bernama Ryohei Fuke atau Huke. Awalnya dipakai untuk karakter video musik, kemudian kepopulerannya menuntun karakter ini masuk dalam industri game, dan anime.

Sebenarnya masih ada beberapa nama karakter lagi yang tidak terlahir dari Anime/Manga yang sangat populer dikalangan pecinta jejepangan. Namun saya lupa, karena sudah jarang ngobrol sama mereka-meraka, he... Ntar dah menyusul kalau sudah ingat. 

Saturday, 26 December 2015

7 Alasan Kuat Untuk Tidak Menjadi Otaku

Anak-anak Indonesia saat ini sedang latah dalam mengikuti trend sosial. Ya, ini tidak bisa dihindari karena memang merupakan metamorfosa kehidupan. Begitu cepatnya perkembangan teknologi, laju informasi yang tak terbendung, kebebasan yang kebablasan, dan belum siapnya fondasi mental pendidikan kita membuat "latah" menjadi sesuatu yang terlihat lumrah.

Keberadaan gadget dan internet yang begitu canggih, membuat generasi saat ini menitipkan otak mereka ke gadget dan google. Males mikir, males mengingat dikit-dikit pake gadget. Ngitung 6 x 7 aja pake kalkulator. Nyari ibukota Amerika saja harus ketik di Google. Parah...

Karena otak mereka sudah dititipin di gadget dan google, mereka jadi tidak terbiasa berpikir. Pokoknya yang ditemukan di Google itu yang benar. Makanya begitu mereka menemukan informasi yang bersumbu pada satu sudut pandang seorang blogger yang Otaku akut, mereka juga tertular jadi Otaku akut lantaran mereka tidak mencoba mencari sumber info yang lain.

Di Jepang sendiri, keberadaan Otaku sebenarnya sudah membuat "bencana". Naiknya jumlah otaku membuat produktifitas hidup menurun, keakraban sosial berkurang, dan jumlah pertumbuhan penduduk Jepang mengkhawatirkan. 

Tapi di Indonesia, karena akses info yang sepihak saja, membuat "gelar" Otaku seperti sesuatu yang membanggakan. Padahal di negara asalnya sebutan Otaku justru terpinggirkan. Janganlah bangga menyebut diri kalian seorang Otaku. Cukup jadi Fans Anime, atau Fans Manga, atau Fans Video Game. Gitu aja!!! Berikut adalah 7 Alasan Kuat Untuk Tidak Menjadi Otaku:

Gue nggak mau duit hasil kerja keras gue cuma abis buat beli barang-barang beginian.
Mending buat nraktir makan keluarga.
Gue nggak mau jilatin gambar di layar monitor.
Ada sesuatu yang lebih penting yang butuh gue jilat.
Gue nggak mau bercinta dengan guling.
Ada wanita cantik di luar sana yang butuh gue nikahin.
Gue nggak pingin sujud menyembah gambar.
Gue punya Tuhan yang lebih pantas untuk gue bersujud
Gue nggak mau seharian ngurung diri di kamar liat anime atau maen game
Gue butuh ngumpul ma teman, gokil-gokilan,  jalan-jalan, ngecengin cewek.
Gue nggak mau ribut sama temen cuma gara-gara
menyebut Pantsu itu sama dengan celana dalam.
Gue nggak mau nge-date sama pacar khayalan.
Mending makan di SS bareng Alia.
So, saran gue sih. Cukup jadi fans anime, atau fans manga, atau fans video game. Nggak usah lah sok-sokan jadi Otaku. Kasihan orang tua lu!!!

Friday, 25 December 2015

Bagaimana Hiyori bisa tahu nama asli Yato? [NORAGAMI]

Dalam Anime Noragami Aragoto episode 12 dikisahkan bahwa Bishamonten masuk ke dalam Yomi  (dunia bawah) untuk menyelamatkan Dewa Yato. Namun siapa sangka ternyata penguasa Yomi, Izanami, sangatlah kuat. Hampir mustahil untuk dapat keluar dari Yomi hidup-hidup.
Bagaimana Hiyori bisa tahu nama asli Yato?

Sementara itu di permukaan Bumi, Ebisu bersama dengan Kofuku, Hiyori, dan lainnya sedang mencari cara untuk mengeluarkan Yato dan Bishamonten. Menurut Ebisu terdapat cara lain untuk mengeluarkan Yato dan Bishamonten yang terperangkap di dalam Yomi yaitu dengan memanggil namanya.

Namun hanya manusia yang berada di tepian batas antara dunia manusia dengan dunia baka yang dapat melakukannnya. Dengan kata lain Hiyori dapat melakukannya.

Hiyori pun segera memanggil nama "Bishamonten" di tepian lubang neraka. Hasilnya Bishamon tiba-tiba muncul. Namun saat Hiyori memanggil nama "Yato", Yato tidak juga muncul-muncul. Menurut Ebisu untuk dapat memanggil jiwa dari Yomi, dia harus dipanggil dengan nama aslinya. Karena Yato tidak muncul, itu artinya "Yato" bukanlah nama asli.

Sayangnya, tidak ada satupun yang tahu nama asli Yato. Meski begitu, Hiyori tidak mau menyerah, dia terus memanggil nama Yato di tepian lubang angin. Hingga tiba-tiba dia teringat tulisan nama di pintu kuil kecil yang dibuatnya untuk Yato.


Kemudian Hiyori berpikir bahwa mungkin tulisan itu bisa dibaca dengan cara lain. Karena jika tulisan di kuil tersebut salah, bukan nama asli Yato, tentu Yato tidak akan segembira itu. Hingga akhirnya bacaannya menjadi "Yaboku." Dan ternyata benar, nama asli Yato adalah Yaboku. Akhirnya Yato bisa dikeluarkan dari dalam Yomi.

Seperti yang kita tahu, Orang Jepang menulis dengan menggunakan 4 jenis huruf, yaitu Hiragana, Katakana, Kanji, dan Romaji. Kemungkinan, Hiyori menulis nama Yato di kuil tersebut menggunakan huruf Romaji. Namun kemudian Hiyori mencoba berpikir untuk membacanya sebagai huruf Kanji yang terlihat sangat mirip dengan tulisan tersebut.

Nah Hiyori membaca tulisan " å¤œ " sebagai huruf Kanji yang berbunyi "Ya" dan membaca tulisan Romaji " ãƒˆ " sebagai huruf Kanji yang berbunyi "Boku" karena ada huruf kanji yang sangat mirip dengan tulisan tersebut yang dibaca "Boku".

Hmm, karena saya bukan orang sastra Jepang, jadi mungkin ada sedikit kesalahan dalam penjelasan saya di atas. Namun intinya begitu, tulisan "Yato" tersebut di atas jika dibaca dengan cara lain bunyinya jadi "Yaboku." ^_^

Indonesia juara GunPla Builders World Cup Junior 2015

Para jawara GunPla Builders World Cup 2015 telah diumumkan pada tanggal 20 Desember lalu di Gundam Front Tokyo. Lomba rakit robot Gundam kelas dunia ini diikuti oleh 24 finalis yang berasal dari 13 Negara, termasuk Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Lomba ini dibagi dalam dua kategori yaitu Open Course (15 tahun ke atas) dan Junior Course (Usia dibawah 15 tahun). Masing-masing kategori diambil 3 juara. Dan wakil dari Indonesia, Cornelius Caesar Widjaja, berhasil menyabet gelar jawara kategori Junior Course. 

Berikut daftar lengkapnya:

Open Course:

Juara 3 --> Ho Yick Yin (Malaysia) dengan karyanya "THE ANGEL"
Juara 2 --> Ng Siu Wai (Hong Kong) dengan karyanya "NIGHTINGALE"
Juara 1 --> Vichayuth Eiam-Ong (Thailand) dengan karyanya "ANOTHER LATE NIGHT"


Junior Course:

Juara 3 --> Natcha Waiphimai (Thailand) dengan karyanya "Operation Desert Storm"
Juara 2 --> May Hata (Jepang) dengan karyanya "The Last Shooting"
Juara 1 --> Cornelius Caesar Widjaja (INDONESIA) dengan karyanya "Build Fighters Season 3"

Referensi: ANN

Thursday, 24 December 2015

Memahami 7 Pakem Karakter Utama Shonen Jump

Mengikuti serial anime BAKUMAN dari season 1 sampai season 3 membuat saya menjadi semakin mengerti tentang dunia industri manga dan anime di Jepang. Gila, susah banget bro. Penuh tekanan, persaingan, dan dikejar-kejar deadline.

Jadi mikir dua kali untuk hanya membaca dan menonton secara gratis di internet. Setidaknya untuk menghormati kerja keras para mangaka, saya putuskan untuk pensiun dari jualan baju-baju anime dan game mulai tahun depan. Mohon doanya...

Dalam perjalanan Takagi dan Mashiro untuk menjadi seorang mangaka terkenal, dikuaklah rahasia tentang pakem-pakem manga Shonen Jump. karakter Utama yang seperti apa yang benar-benar khas Shonen, diceritakan secara gamblang dalam serial BAKUMAN ini. 

Semua pakem karakter utama Shonen tersebut benar-benar kita temui dalam setiap cerita manga Shonen Jump lho!! Sehingga kalau kalian cermati secara mendetail, hampir semua karakter utama Shonen memiliki ciri khas yang sama. Apa sajakah itu?

1. Anak Laki-laki usia sekolah
Karena Shonen Jump menyasar target pasar anak laki-laki, maka karakter utama Shonen biasanya adalah seorang remaja laki-laki usia sekolah. Untuk rentang usia sekitar 13 - 25 tahunan. Tengok saja Luffy (19), Naruto (17), Ichigo (17), Gon (14) dll

2. Mengejar Mimpi
Sangat bagus untuk memotivasi anak-anak muda, karakter utama Shonen Jump biasanya memiliki mimpi yang sangat tinggi, dan tidak pernah menyerah menggapai mimpinya meski seberat apapun rintangannya. Luffy ingin menjadi Raja Bajak Laut, Naruto ingin menjadi Hokage, Gon ingin menjadi Hunter terbaik, Goku ingin menjadi yang terkuat, dll

3. Mempunyai kemampuan tersembunyi
Hampir setiap karakter Hero Shonen Jump memiliki kekuatan tersembunyi yang pada akhirnya merupakan kunci untuk menggapai tujuannya. Luffy memiliki Haki Raja, Goku menjadi Super Saiyan, Naruto punya Kyubi. Dan yang paling kurang ajar adalah Ichigo, dia itu Shinigami + Hollow + Quincy + Fullbring, Coeg sekali kan?

4. Punya partner dan saingan
Seorang Hero Shonen wajib punya partner dan saingan untuk membuatnya terus berkembang. Naruto x Sasuke, Goku x Vegeta, Hinata x Tobio, Gon x Killua, dll

5. Selalu ada Gadis manis
Setelah mempunyai kekuatan, berikutnya adalah punya gadis idaman. Hmm, ABG banget pokoknya dah, Luffy x Boa Hancock, Naruto x Hinata, Ichigo x Rukia, Soma x Tadokoro, dll

6. Penampilan Keren
Setelah punya kekuatan, ada gadis manis, penampilan juga keren. Super Saiyan itu gila kerennya, Bankai bikin Ichigo makin sangar, Chakra Kyubi bikin Naruto keren, Bekas luka bikin Luffy garang, dll

7. Power Level dan Transformasi
Hero-hero Shonen Jump sudah sangat lumrah jika memiliki banyak perubahan bentuk. Goku bisa jadi Super Saiyan, Yusuke jadi Mozaku, Luffy punya Gear 2-4, Ichigo jadi Shinigami + Hollow + Quincy + Fullbring, Coeg...

Namun dari sekian banyak Hero Shonen Jump. Ada satu Hero yang yang benar-benar keluar dari 7 pakem Shonen Jump di atas, yaitu Saitama [ONE PUNCH MAN]. Bukan anak usia sekolah (25 th), menjadi Hero cuma karena Hobi, tidak punya kekuatan rahasia hanya pukulan saja, tidak keren tampangnya, tidak ada gadis manis, tidak berubah bentuk, tidak ada saingan dalam adu kekuatan.

Mengenal Clowns, Organisasi paling misterius dalam Tokyo Ghoul

Clowns atau Pierrot, merupakan sebuah organisasi ghoul yang paling misterius hingga saat ini. Sampai saat ini memang Clowns tidaklah sekuat dan sebesar Aogiri atau "V". Bahkan kekacauan yang ditimbulkan oleh Clowns bisa dibilang bukan dalam skala besar. Namun dibalik semua itu tingkat kemisteriusan Clowns kami rasa lebih misterius dibanding Aogiri ataupun "V."
Clowns, Organisasi paling misterius dalam Tokyo Ghoul

Jika Aogiri ataupun "V" sudah jelas AD/ART organisasinya. Maksudnya sudah jelas struktural keanggotaan organisasinya, seperti ada ketua, mempunyai Visi Misi, setiap tindakan berdasarkan perintah atasan, atau anggotanya sudah tetap dan saling kenal, lain halnya dengan Clowns.

Dihampir semua organisasi ghoul selalu ada satu atau lebih anggotanya yang ternyata juga merupakan anggota Clowns. Misalnya Uta, Itori, dan Roma dari Anteiku, atau Nico dari Aogiri. Bahkan yang terbaru Clowns juga muncul di acara pelelangan Big Madam.   

Pergerakan Clowns terkesan tidak terencana, bergerilya, dan bahkan tujuannya tidak jelas. Ada yang bergerak sendiri, ada yang berkelompok. Meskipun Uta sempat menyebut kata "Bos" kepada Touka, dan Yomo, tetapi pada kenyataannya tidak diketahui pasti apakah Clonws benar-benar mempunyai Bos. 

CCG sendiri tidak memiliki database tentang Clowns sama sekali. Tidak ada info mengenai siapa saja anggotanya, area kerjanya, dan bahkan tidak diketahui tujuannya. 

Namun jika dilihat dari Quotes salah satu anggotanya "No point in living if things aren't interesting. The ones who get the last laugh are us, the Clowns." Untuk sementara bisa diasumsikan bahwa Clowns semacam organisasi persaudaraan yang tujuannya hanya untuk bersenang-senang. Mereka tidak mengincar kekuasaan, dan tidak memihak manapun. Namun mereka akan muncul di suatu "event" yang menurut mereka menarik untuk ikut dalam kekacauan.

Bagaimana menurut kalian???
Jual jaket anime tokyo ghoul keren

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons