Friday 16 February 2018

[ REVIEW ATTACK ON TITAN 102 ] GREAT TITAN WAR II SUDAH DIMULAI!!!

Setelah kemaren kita membahas Onepiece, Black Clover, dan Dragonball, selanjutnya kita akan membahas tentang Attack on titan chapter 102.

Chapter ini berjudul "Sudah terlambat."

Kata "Sudah terlambat" ini bisa merujuk kepada tindakan Eren yang sudah terlanjur menyulut kebencian seluruh negara-negara besar di dunia kepada kaum Eldian, karena sudah mengacau di Liberio.

Atau bisa juga merujuk kepada bangsa Marley yang sudah tidak bisa dimaafkan lagi oleh penduduk Paradise Island karena sudah menyengsarakan hidup mereka hingga ratusan tahun lamanya.

Tapi yang pasti di chapter ini, Great Titan War periode ke-2 sepertinya sudah dimulai, yang peresmiannya ditandai dengan dimakannya Billy Tybur oleh Attack Titan.

Sayangnya Eren bener-bener lagi apes, ternyata yang dia makan bukanlah pemegang kekuatan Warhammer Titan yang asli.

Pemegang kekuatan Warhammer Titan yang asli ternyata justru seorang wanita yang berpakaian seperti pembantu rumah tangganya keluarga Tybur.

Karena Eren sudah salah sasaran, dia tidak hanya gagal merebut kekuatan Warhammer Titan, tetapi dia juga sudah memulai Perang Besar yang melibatkan seluruh Negera dan seluruh pengguna kekuatan Titan Shifter.

Meskipun sepertinya Eren sudah merencanakan penyerbuannya ini secara matang. Terbukti dia tidak sendirian di tempat tersebut.

Dia bersama dengan  rekan-rekannya dari Scouting Legion. 

Entah sekarang masih bernama Scouting Legion atau bukan. Selain karena seragamnya yang berubah warna, peralatan tempurnya juga sudah berubah. 

Dulu 3D Manuver Gear yang mereka gunakan hanya cocok untuk membunuh Titan. Tapi sekarang mereka menggunakan Anti-personnel vertical maneuvering equipment, yang dulu dikenakan oleh pasukan khusus kerajaan untuk menandingi pengguna 3D Manuver Gear.

Dimana perlatan ini, lebih cocok dipakai untuk melawan manusia ketimbang melawan Titan.

Dan benar saja, pasukan Marley sama sekali tidak berkutik menghadapi manuver-manuver yang pasukan Paradise Island lakukan.

Dengan menggunakan Anti-personnel vertical maneuvering equipment, pasukan Scouting Legion meluluh lantahkan setiap pos penjagaan tentara Marley.

Pasukan Marley yang masih asing dengan peralatan tempur tersebut sama sekali tidak berkutik menghadapinya. Semuanya dibabat habis!

Para sniper dan para pasukan penjaga Liberio semuanya dihabisi oleh mereka. Sampai-sampai Komandan Magath memerintahkan semua divisi tempur kerajaan Marley, baik yang maih trainee maupun pasukan khusus, baik yang didaratan maupun yang dilautan, semuanya diperintahkan untuk menuju Liberio.

Sebanyak 30 ribu pasukan Marley diperintahkan untuk mengepung Liberio agar para pasukan dari Paradise Island yang jumlahnya mungkin hanya puluhan orang, tidak bisa kabur.

Terutama Eren Yeager yang memegang kekuatan Founding Titan dan Attack Titan.

Ajib nggak tuh? 30 ribu pasukan militer dari darat dan lautan diarahkan ke Liberio hanya untuk memastikan seekor Titan Shifter dan puluhan tentara Scouting Legion tidak bisa kabur.

Tiga Puluh Ribu pasukan cah, padahal di pihak Marley sudah ada 5 Titan Shifter yang siap bertempur loh!
 REVIEW ATTACK ON TITAN 102

Selain Warhammer Titan yang saat ini berhadapan dengan Attack Titan, disitu juga ada Jaw Titan, Cart Titan, Armor Titan, dan Beast Titan.

Dari kelima Titan Shifter tersebut hanya Armor Titan saja yang masih belum muncul. 

Sepertinya Reiner Braun, selaku pemilik kekuatan Armor Titan, masih bingung akan membela Marley atau Eldian, setelah mendapatkan sedikit pencerahan dari Eren Yeager di chapter-chapter sebelumnya.

Tapi dengan adanya 4 Titan Shifter yang sudah berdiri dihadapan mereka, rasanya sudah cukup horor bagi para Scouting Legion yang hanya diperkuat satu Titan Shifter saja.

Apalagi, menghadapi Warhammer Titan saja, Attack Titan sudah terlihat begitu kepayahan.

Siapa sangka Warhammer Titan memiliki kekuatan untuk menciptakan berbagai macam bentuk senjata menggunakan kemampuan pengerasannya.

Dan tubuh Warhammer Titan juga tidak memiliki kelemahan seperti Titan shifter lainnya.

Jika Titan Shifter lainnya memiliki kelemahan dibagian tengkuk lehernya, Warhammer Titan tidak sama sekali.

Bahkan setelah tengkuknya dihantam tombak petir oleh Mikasa, Warhammer Titan masih bisa bangkit.

Beruntung Eren segera menyadari keanehan tersebut. 

Disaat Mikasa bertarung habis-habisan melawan Warhammer Titan, Eren mengobservasi area pertarungan tersebut dan menemukan titik lemah Warhammer Titan.

Ternyata alasan kenapa Warhammer Titan tidak kalah meskipun bagian tengkuknya sudah dibombardir tombak petir adalah karena tubuh manusianya tidak berada di dalam tubuh Titan. Melainkan ada jauh di dalam tanah.

Dan Warhammer Titan yang dihadapi oleh Mikasa hanyalah semacam boneka saja.

Eren yang menyadari hal tersebut langsung mengambil inisiatif untuk mencabut langsung ke akarnya, dan menemukan tubuh seorang wanita Tybur yang terbungkus kristal, seperti yang membungkus Annie Leonhart dulu.

Wanita di dalam kristal tersebutlah orang yang mengendalikan Warhammer Titan sejak awal.

Sayangnya, saat Eren akan memakan si wanita Tybur, Jaw titan datang dari belakang dan langsung menyergap bagian tengkuk Attack Titan.

Beruntung satu lagi Ackerman datang menyelamatkan Eren. 

Setelah sebelumnya Mikasa Ackerman menyelamatkan Eren dari Warhammer Titan, kali ini Levi Ackerman datang tepat waktu untuk menyelamatkan Eren dari Jaw Titan.

Berkat Levi, Jaw Titan tidak berhasil mengambil kekuatan Attack Titan dan Founding Titan dari Eren.

Hebatnya lagi, disaat semua member Scouting Legion sudah beralih menggunakan pistol dan tombak petir, Levi masih setia menggunakan pedang untuk bertarung. 

Dan dia juga satu-satunya yang tampak masih setia mengenakan jubah kebanggaan Scouting Legion, disaat pasukan yang lain sudah tidak memakainya lagi.

Meski begitu, kemampuan bertarungnya tidak melemah sedikitpun, malahan tampak lebih horor dibandingkan yang dulu.

Namun sayang beribu sayang, disaat para Scouting Legion memburu Jaw Titan, Cart Titan tiba-tiba muncul menembakkan meriam serbu yang dibawa dipunggungnya.

Meriam serbu yang dibawa oleh Cart Titan ini, sepertinya merupakan satu-satunya senjata milik kerajaan Marley yang menjadi tandingan paling berbahaya bagi Manuver Gear.

Tidak hanya itu, disaat perhatian Eren teralihkan, gara-gara serangan Jaw Titan tadi, Warhammer Titan keburu bangkit menyerang lagi.

Keadaan menjadi semakin buruk setelah, dari ujung jalanan kota tampak Beast Titan muncul menuju medan pertempuran.

Tapi anehnya, Beast Titan muncul dengan begitu saja. Tanpa entrance yang horor seperti biasanya.

Padahal bisa saja sebelum muncul ke arah lawan, dia melemparkan puing-puing bangunan untuk menjatuhkan para scouting Legion yang sedang beterbangan.

Tapi ini tidak, cah. 

Jangan-jangan didalam hati Zeke yang terdalam, dia mulai berpikir untuk berbalik melawan Marley, karena di chapter 97, sepertinya dia menyadap pembiacaraan Billy Tybur dengan Komandan Magath.

Nah, kira-kira bagaimana para Scouting Legion akan menghadapi kondisi berbahaya ini?

Kami punya sedikit prediksi untuk chapter berikutnya yang baru akan terbit di Bulan April mendatang.

Pertama, disini digambarkan Beast Titan muncul dibelakangnya Levi Ackerman. So, besar kemungkinan, duel maut antara Levi vs Beast Titan akan kembali terjadi di chapter berikutnya.

Dan momen tersebut akan dimanfaatkan oleh Levi untuk balas dendam karena Beast Titan sudah membunuh hampir seluruh skuat yang dipimpinnya saat pertempuran di luar dinding Shiganshina.

Kedua, sepertinya pasukan Scouting Legion sudah punya rencana yang sangat matang dalam penyerbuan tersebut.

Terlihat dari tugas masing-masing squad untuk memasangkan lampu di sudut-sudut kota.

Selain itu, Eren tampak percaya diri dengan rencana mereka tersebut. Padahal dia tentu tahu kalau di kerajaan Marley terdapat 5 Titan Shifter yang siap menghadangnya.

Jika dia tidak punya rencana yang matang, tentu dia tidak akan gegabah muncul terang-terangan di tengah kota, bukan?

Tapi apa iya, seorang Eren Yeager bisa punya rencana sematang itu? Kami justru meragukannya.

Menurut kami, Armin adalah dalang dibalik rencana penyerbuan tersebut. Dan saat ini dia juga sudah berada di salah satu wilayah di kerajaan Marley.

Tapi kenapa dia masih belum muncul juga?

Kami rasa tujuan dari penyerbuan ini bukan hanya sebatas mengambil alih kekuatan Warhammer Titan. Tapi ada rencana dibalik rencana.

Mungkin hal ini ada kaitannya dengan dikerahkannya seluruh pasukan Marley untuk mengepung Liberio.

Mungkin Armin berencana menghancurkan seluruh pasukan Marley yang saat ini mengepung Liberio, dari belakang, untuk memastikan seluruh kekuatan tempur Marley dihancurkan.

Mungkin Armin akan muncul untuk menghancurkan seluruh kapal angkatan laut kerajaan Marley yang dikirim ke Liberio menggunakan kekuatan Colossal Titan.

Tapi kita tidak bisa memastikan, orang ini nih Armin atau bukan. Karena penampilan member Scouting Legion saat ini sudah banyak yang berubah.

Cuma Levi saja yang penampakannya tidak berubah.

Ketiga, mungkin konflik di chapter berikutnya akan lebih banyak menceritakan tentang Reiner yang masih bimbang ingin membela Marley atau Eldia.

Tapi menurut kami, dia akan tetep nongol sebagai Armor Titan di chapter April nanti.

Bagaimana menurut kalian?

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons