Wednesday 20 June 2018

[ REVIEW ATTACK ON TITAN 106 ] RENCANA RAHASIA!!! ZEKE AKAN MEMAKAN EREN???


Awal mula pengkhianatan Zeke terhadap kerajaan Marley akhirnya terungkap di manga attack on titan chapter 106 ini.

Bermula dari dikirimkannya pasukan pengintai ke Paradise Island, Yelena yang merupakan pengikut setianya Zeke sekaligus anggota rombongan pasukan pengintai yang pertama, menjadi jembatan penghubung antara rencana rahasia Zeke dengan tentara Paradise.

Yelena yang ternyata merupakan tentara naturalisasi di kerajaan Marley ternyata termasuk bagian dari organisasi Anti-Marley, yang sepertinya dipimpin oleh Zeke Yeager.

Gadis tomboy yang berbadan menjulang ini diperintahkan oleh Zeke untuk membunuh ketua rombongan pasukan pengintai dan bernegosiasi dengan tentara Paradise setelah sampai di pulau terisolir tersebut.

Dan melalui Yelena inilah, Zeke Yeager, si Beast Titan, menawarkan sebuah kerjasama dengan tentara Paradise dan merencakan sebuah rencana rahasia untuk memerdekakan bangsa Eldia.

Rencana rahasia macam apakah itu???
Bisa dibilang, manga attack on titan chapter 106 lebih tepat disebut sebagai sesi curhatannya Armin daripada disebut sebagai cerita flashback.

Meskipun pada kenyataannya kita jadi tahu apa yang sebenarnya terjadi selama Time Skip 3 tahun kebelakang.

Dimulai dari kedatangan tentara pengintai Marley yang mendarat di pesisir Paradise Island, yang sepertinya dikirim atas permintaan dari Zeke Yeager.

Spekulasi ini muncul karena di dalam kelompok tersebut banyak anggota faksi Anti-Marley yang yang menjadi bagian dari tentara sukarela ini.

Hal ini terlihat setelah Yelena menembak kepala si pemimpin pasukan, di depan tentara Paradise, banyak anggota lain yang langsung menodongkan senjata ke sesama pasukan Marley

Artinya, skuadron ini memang sengaja dikirimkan oleh Zeke sebagai hadiah bagi tentara Paradise. Entah itu hadiah dalam arti sebenarnya yang dikirimkan dengan tulus, atau justru sebuah kuda Troya, yang dikirimkan dengan maksud tertentu.

Begitu duduk dalam meja diskusi, Yelena tanpa sungkan langsung membeberkan peta kekuatan Marley kepada tentara Paradise yang diwakili oleh Hanji.

Bahkan senjata macam apa yang saat itu sedang dikembangkan oleh Marley sekalipun, dia beberkan dengan sangat detil.

Menurut perkataan Yelena, tentara Marley memiliki setidaknya 2 juta tentara yang terbagi dalam 50 Divisi, serta memiliki 21 Kapal Perang yang dibagi dalam 3 Armada.

Dan yang paling mencengangkan adalah saat Yelena mengatakan kalau Marley sedang mengembangkan teknologi pesawat terbang agar bisa melakukan penyerangan dari udara, yang selama ini belum pernah terpikirkan oleh kerajaan lain.

Sebenarnya teknologi tersebut sudah siap pakai, tetapi Marley belum berani menggunakannya untuk menggempur Paradise dikarenakan 2 alasan.

Pertama, Kerajaan Marley masih yakin, kalau Paradise Island masih dikerubuti oleh Titan Murni, yang tentunya akan sangat menyulitkan pergerakan tentara mereka setelah mendarat di Pulau tersebut. 

Tapi ketika Zeke kembali dari Paradise Island, setelah melihat dengan mata dan kepalanya sendiri betapa hebatnya teknologi tempur pasukan Scouting Legioun serta kekuatan Attack Titannya Eren, sepertinya dia cukup yakin, kalau Titan-Titan murni tersebut sudah akan bisa dibersihkan dalam waktu dekat.

Sehingga dia berani mengambil resiko untuk mengirimkan tentara Pengintai ke Paradise, dan yakin akan disambut oleh tentara Paradise sehingga dapat diajak untuk berunding.

Kedua, penyerangan Marley ke Paradise Island ditunda karena saat itu Marley juga sedang mengalami peperangan dengan beberapa kerajaan lain.

Dilain sisi, kekuatan Titan Shifter yang meraka bangga-banggakan selama ini, sudah melemah, setelah Female Titan dan Colosal Titan direbut oleh tentara Paradise.

Mungkin setelah melihat kondisi kekuatan tempur pasukan Marley yang semakin melemah ini, serta betapa digdayanya kekuatan tentara Paradise, Zeke mulai berani mengambil keputusan untuk melakukan kudeta.

Dan langkah awal kudetanya tersebut adalah dengan berbagi rencana dengan tentara Paradise.

Sebagai DP dari rencana rahasia tersebut, tentara Marley kiriman Zeke turut membantu pembangunan infrasuktur perang di Pulau Paradise. Mulai dari pelabuhan hingga jaringan rel kereta api.

Meskipun pada awalnya para tentara marley masih saling curiga dan susah untuk diajak kerjasama. Tetapi pada akhirnya mereka bisa luluh dan berbaur dengan tentara Paradise.

Yang jadi masalah, Zeke sama sekali tidak memberikan clue tentang Rencana Rahasia Pembebasan Kaum Eldia yang dia tawarkan.

Zeke justru mengajukan syarat, kalau Pasukan Paradise yang saat ini memiliki orang yang mewarisi kekuatan Founding Titan, yaitu Eren, juga bisa menemukan seseorang Titan Shifter yang mewarisi darah bangsawan Eldia, dia baru akan menceritakan rencana rahasianya tersebut secara detil.

Dan kini, setelah mengobrak-abrik Liberio seperti yang direncakana oleh Zeke, tentara Paradise sudah memiliki seorang pewaris Founding Titan, yaitu Eren Yeager, dan seorang Titan Shifter yang memiliki darah bangsawan yaitu, Zeke Yeager.

Dua syarat utama yang diajukan oleh Zeke agar dia mau menceritakan rencana rahasia yang dia maksud sudah terpenuhi.

Kira-kira rencana rahasia macam apakah itu?

Jawabannya mungkin ada pada cerita Eren saat rapat.

Eren bilang, dia pernah satu kali mengaktifkan kekuatan Founding Titan saat dia yang masih dalam wujud manusia bersentuhan secara langsung dengan seonggok Titan Murni yang dipercaya identitas aslinya adalah Dina Fritz yang tidak lain adalah ibunya Zeke.

Meski hanya sekejap, Eren jadi bisa tahu kalau didalam dinding yang mengitari Paradise terdapat ribuan Titan berukuran kolosal yang tertidur.

Dan ribuan titan tersebut bisa dibangkitkan lagi oleh seorang keturunan bangsawan Eldia yang mewarisi kekuatan Founding Titan.

Sayangnya saat ini kekuatan Founding Titan berada di dalam tubuh Eren, yang sama sekali bukan keturunan bangsawan Eldia.

Oleh karenanya mereka membutuhkan dua orang Titan Shifter, yang satu adalah Founding Titan, Eren, dan satunya lagi adalah Titan Shifter pewaris darah bangsawan Eldia, Zeke Yeager, untuk dapat membangkitkan kembali Titan-Titan tersebut. 

Dan mungkin rencana membangkitkan kembali ribuan Titan berukuran raksasa yang bersemayam di Paradise inilah yang dimaksudkan oleh Zeke sebagai sebuah rencana Rahasia.

Tapi bagaimana Zeke akan membangkitkan kekuatan Founding Titan di tubuh Eren?

Apakah cukup hanya dengan berubah menjadi Titan shifter kemudian saling menyatukan kepalan tangan seperti yang Eren lakukan saat melakukan kontak dengan Dina Fritz diawal tadi?

Bisa saja.

Tapi ada kemungkinan yang lebih kuat lagi dibandingkan dengan hanya melakukan bro fist seperti itu.

Dalam cerita Attack On Titan, siapa kawan siapa lawan sangat sulit untuk ditebak. Bisa saja, Zeke bermaksud memakan Eren untuk mendapatkan kekuatan Founding Titannya.

Karena kalau yang terjadi sebaliknya, yaitu Eren memakan Zeke, maka sama saja kekuatan Founding Titan Eren tidak akan bangkit.

Lagipula jika dengan memakan seorang Titan Shifter keturunan bangsawan bisa membuat Eren bisa menggunakan kekuatan Founding Titan, maka seharusnya dia tidak perlu memakan siapapun lagi.

Orang dia baru saja memakan Warhammer Titan yang diwarisi oleh keluarga Tybur, keluarga bangsawan Eldia yang mengendalikan Kerajaan Marley dari bayang-bayang.

Jadi, kami malah curiga kalau rencana rahasia yang dimaksudkan oleh Zeke adalah, dia ingin memakan Eren, kemudian menggunakan kekuatan Founding Titan untuk membangkitkan ribuan Titan dalam dinding.

Dengan menggunakan kekuatan ribuan Titan berukuran Kolosal tersebut, Zeke bermaksud mengendalikan seluruh dunia dengan ketakutan.

Sehingga tidak ada lagi kerajaan yang bertikai dan tidak ada lagi kerajaan atau negara yang berani merendahkan kaum Eldia.

Dunia akan kembali damai, tidak ada lagi peperangan, dan kaum Eldia, akan kembali menjadi penguasa tunggal seluruh dunia seperti di Era Ymir.

Hal-hal diktator semacam inilah yang sepertinya ditakutkan oleh Armin.

Apalagi saat ini dia seolah sudah tidak lagi mengenal Eren. Rasa kemanusiaan Eren seperti sudah hilang. Kini pola pikir Eren seperti sudah termakan idealisme kekuatan Attack Titan yang dimilikinya.

Dengan dinginnya, dia mengorbankan penduduk sipil yang tidak berdosa saat akan merebut kekuatan Warhammer Titan di Liberio.

Saat ini hanya ada satu kalimat yang menjadi pegangan hidup Eren yaitu "Jika kita tidak bertarung, kita tidak akan menang! Maka Bertarunglah!!!"

Jangan-jangan alasan kenapa kekuatan Titan Shifter yang dimiliki Eren disebut dengan Attack Titan, adalah karena kekuatan Titan tersebut membuat para pewarisnya memiliki keinginan bertarung yang sangat kuat.

Dan kini idealisme Attack Titan yang dimilikinya tersebut sudah meracuni pola pikir Eren.

Jadi, kesimpulannya, menurut kami, ending cerita ini nanti mungkin akan seperti Death Note atau Code Geass, dimana si tokoh utamanya justru adalah karakter antagonis.

Mungkin mulai dari sini, Eren perlahan-lahan justru akan berubah menjadi ancaman yang paling berbahaya dalam cerita Attack On Titan.

Piye menurutmu cah?

3 komentar:

Historia Lenz said...

Jos pak

Tutor++ said...

Bikin penasaran ya....

Unknown said...

Sak karepe seng gawe komik wes

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons