Friday 27 October 2017

Akhirnya Luffy tahu kelemahan Katakuri [REVIEW OP CHAPTER 883+]

Manga One Piece chapter 883 berjudul "Merienda" yang merupakan istilah bahasa latin yang kurang lebih artinya "waktu ngemil".

Chapter ini dibuka dengan adegan Katakuri yang menghentikan perubahan wujud Gear 4 nya Luffy menggunakan awakening Mochinya.

Menurutnya, adalah tindakan yang bodoh jika harus menunggu sampai selesai saat lawannya sedang melakukan Power Up.

Sekilas jika dinalar dengan logika, apa yang dikatakan oleh Katakuri ini memang benar-benar sangatlah logis. 

Memang buat apa menunggu lawannya selesai melakukan transformasi kalau tahu nanti dia akan bertambah kuat. Yang berarti juga akan membuat pertarungan menjadi semakin merepotkan.  

Lebih baik diserang saja saat sedang berubah, agar transformasinya tidak sampai selesai.

Namun, perkataannya Katakuri ini mungkin sebenarnya hanyalah semacam alibi, untuk menutupi kondisi fisik Katakuri yang mulai kurang fokus akibat sudah mulai lapar.

Oleh karenanya dia ingin segera menyelesaikan pertarungannya tersebut sebelum kondisinya menjadi semakin melemah.

Dan dengan mengubah atap dunia cermin menjadi gumpalan Mochi untuk mengubur Luffy hidup-hidup, dia berharap semuanya akan selesai dengan cepat , sehingga dia bisa meng-reschedule jadwal Merienda-nya yang sudah telat lebih dari 40 menit.

Namun sepertinya saat melancarkan serangan terakhirnya tersebut Katakuri sudah kehilangan fokusnya akibat lapar.

Hingga sepertinya dia lupa memadatkan kembali gumpalan atap dunia cermin yang diubahnya menjadi Mochi untuk mengubur Luffy hidup-hidup. 

Akibatnya, Luffy bisa bangkit dari kuburannya sendiri dengan memakan setiap gumpal mochi yang menguburnya.

Hal itu tentu saja membuat Luffy semakin kesal. Pada pertarungan sebelumnya, Luffy juga harus banyak makan biskuit untuk mengalahkan Cracker.

Dan pada pertarungan kali ini, Luffy juga harus makan banyak Mochi sampai kembung untuk mengalahkan Katakuri.

Namun kondisi ini ada hikmahnya juga. Sepertinya sebagian besar kekuatan Luffy sudah pulih berkat memakan gunungan mochinya Katakuri tersebut.

Saat keluar dari kuburannya, kondisi Luffy sungguh memprihatinkan. Badannya melar nggak karuan seperti orang obesitas.

Namun, dalam kondisi tersebut, Luffy masih mampu menunjukkan kemampuan Kenbunsho Hakinya yang mengagumkan.

Hanya dengan sekali mengobservasi, dirinya mampu menemukan posisi Katakuri yang sedang ngemil di dalam kuil.

Dan siapa sangka, ternyata kemampuan penciumannya Luffy jauh lebih hebat dibandingkan dengan Kenbunsho Haki miliknya.
Kelemahan Katakuri

Dengan kemampuan indera penciumannya yang lebih hebat dari Kenbunsho Haki tersebut, Luffy sampai tahu dengan detil kalau yang sedang dimakan oleh Katakuri adalah Donut.

Kondisinya ini membuat para kokinya Katakuri sampai berani menertawakannya. Bahkan sampai mengejeknya sebagai kapten bajak laut rendahan saat melihat Luffy berlari menjauh dari kuil.

Namun mereka segera menjilat kata-kata mereka sendiri setelah dalam waktu yang sangat singkat Luffy mampu membakar lemak di dalam tubuhnya, dan kembali ke wujud normal untuk menerobos masuk ke dalam kuil tempat katakuri sedang ngemil.

Serangan tak terduga dari Luffy ini akhirnya berhasil menguak rahasia terbesar Katakuri yang bahkan para anggota Big Mom Pirates tidak ada yang mengetahuinya.

Ternyata semua yang dinaratorkan oleh Bruulee tentang keagungan Katakuri yang tidak pernah menyandarkan punggungnya di tanah sejak dilahirkan, selalu tenang dan mengagumkan dalam kondisi apapun, salah besar.

Katakuri benar-benar sangat norak saat sedang menikmati makanannya. Dia tidur terlentang sambil memasukkan makanan dan minuman secara bersamaan ke dalam mulutnya.

Ternyata bekas jahitan di pipi Katakuri adalah sobekan dari mulutnya yang luar biasa besar seperti mulut buaya.

Karena tidak ingin ada yang tahu tentang kebiasaan noraknya tersebut, Katakuri langsung membabat habis semua koki yang melihatnya.

Dia pun geram dan ingin segera menghabisi Luffy juga agar aibnya tersebut jangan sampai tersebar luas.

Nah ada yang menarik di panel berikutnya. 

Saat Luffy dan Katakuri beradu pukulan yang sama-sama dilapisi dengan Busho Haki, tangan Luffy terlihat begitu kesakitan setelahnya.

Terdapat dua versi terjemahan tentang apa yang dikatakan oleh Katakuri dalam adegan ini.

Versinya mangastream menyebutkan kalau yang dikatakan oleh Katakuri adalah "terdapat kekuatan yang melampaui Busho Haki."

Sementara versinya Mangatail menyebutkan kalau Katakuri mengatakan "aku juga sudah menguasai Busho Haki melebihi siapapun."

Jika yang kita ambil adalah terjemahannya Mangastream, mungkin nanti akan ada jenis kekuatan baru yang melampaui Busho Haki. 

Namun jika yang kita ambil adalah versinya mangatail, mungkin Busho Haki nantinya akan ada level-levelnya, seperti Level 3 level 10 atau level 25, seperti keripik pedas.

Terlepas daripada itu, dalam kondisi ini sepertinya Katakuri jadi kehilangan ketenangannya, sehingga tendangan Luffy pada akhirnya mampu bersarang di dagunya.

Dalam gambar tampak kalau tendangan Luffy yang dilapisi Busho Haki, mengenai dagu Katakuri hingga membuatnya muntah darah.

Padahal pada serangan-serangannya sebelumnya, jika tidak menjadi keras karena Busho, tubuh katakuri akan berubah menjadi elemen mochi yang dapat terpecah belah lalu pulih kembali seperti kemampuan Logia.

Namun pada serangan kali ini, tentangan Luffy benar-benar telak mengenai dagunya Katakuri. Apa yang sebenarnya terjadi di sini.

Mau bagaimana pun pasti rahasia kelemahannya Katakuri ada pada adegan ini. Mungkinkah hanya karena marah dan kurang fokus membuat serangan Katakuri menjadi banyak celahnya?

Ah rasanya tidak sesederhana itu.

Kami malah curiga kalau apa yang terjadi ini terkait dengan perkataan Katakuri sebelum memulai jam ngemilnya.

Katakuri bilang kalau "Gula adalah sumber tenaga" Dan dalam meriendanya ini, yang dimakan oleh Katakuri semuanya makanan yang manis, seperti Donut dan teh manis.

Yang lebih mencurigakannya lagi, Katakuri selalu melakukan Merienda pada pukul 3 sore, dengan porsi makan yang begitu banyak makanan manis.

Jika Gomu Gomu butuh asupan udara untuk membuat pergerakannya menjadi lebih cepat dan lebih kuat, mungkinkah Mochi-Mochi butuh asupan gula untuk membuat teksturnya jadi lebih padat dan kuat?

Mungkinkah Katakuri butuh banyak asupan gula untuk membuat tubuh mochinya menjadi sekuat yang sekarang?

Dan karena Meriendanya terganggu, kekuatan Katakuri jadinya belum pulih 100% setelah bertarung cukup lama melawan Luffy?

Bisa iya, bisa tidak. Tapi tenang saja, Luffy mengatakan kalau dirinya sudah tahu semua tentang kemampuannya Katakuri.

Bisa jadi di chapter selanjutnya, dia akan mampu membalikkan keadaan untuk memojokkan Katakuri.

Nah kira-kira apa ya yang diketahui Luffy tentang kelemahannya Katakuri ini?

Mari kita berdiskusi!!!

Luffy mulai menyadari kelemahan Katakuri setelah tendangannya dapat melukai dagunya Katakuri. Dimana serangannya yang sebelumnya tidka pernah bisa sampai begitu.

Jadi, mau bagaimana pun rahasia kelemahannya Katakuri pasti ada pada adegan ini!

Mungkin alasan kenapa dagunya Katakuri bisa kena tendang adalah karena dagunya tersebut memang titik lemahnya Katakuri yang tidak bisa dilapisi Busho dan tidak punya kendali Kenbun.

Mungkin sama halnya dengan Big Mom, Katakuri juga memiliki penyakit kelainan makan.

Saking rakusnya Katakuri terhadap makanan manis, seperti Big Mom, Katakuri sampai merobek mulutnya sendiri menjadi lebih besar agar dapat memasukkan lebih banyak makanan manis diwaktu private-nya.

Bedanya dengan Big Mom, Katakuri masih mempedulikan tentang pencitraan. Sehingga kerakusannya terhadap makanan manis tersebut ditutup-tutupinya dengan alibi sedang makan malam private dengan Dewa Perang di dalam kuil setiap jam 3 sore.

Oleh karena mulut bagian bawahnya merupakan luka sobekan, makanya bagian tersebut menjadi bagian terlemah dari seluruh tubuhnya Katakuri.

Hal inilah yang membuat Luffy langsung menyerang bagian dagunya Katakuri setelah berubah ke mode Gear 4.

Namun, sebenarnya kami sendiri malah tidak yakin kalau Luffy sampai bisa melakukan observasi sampai sejauh itu.

Kami curiga, apa yang dimaksud Luffy sebagai kelemahan Katakuri hanyalah sebatas keyakinan kalau semua orang kuat pasti punya kelemahan.

Persis seperti yang dikatakannya di akhir chapter ini, "Kamu memang orang yang sangat kuat, tetapi bukan berarti tidak terkalahkan..."

Namun setidaknya, satu tendangannya tersebut telah membangkitkan rasa optimisme yang lebih tinggi di dalam diri Luffy.

Bagaimana menurut kalian?

Terima kasih sudah mampir ke channel kami. Jangan lupa Like, Share, dan Subscribe, jika menurut kalian video video kami cukup menarik untuk ditonton.

Sampai ketemu lagi dalam video-video kami yang berikutnya. And See YA!!!


2 komentar:

Farizrevaldi said...

lanjut reviewnya, keren pendapatnya min 👍

Zonahobisaya said...

One Piece

Tanks informasinya ka

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons