Saturday, 25 July 2015

Mitologi Jepang Kuno dibalik nama Kagutsuci, Izanagi, dan Izanami

Bagi penggemar serial Naruto, nama Kagutsuchi, Izanagi, dan Izanami tentu sudah tidak asing lagi. Itu adalah nama-nama jurus spesial yang dimiliki oleh klan Uchiha. Namun tahukah kalian jika ternyata nama-nama tersebut diambil dari nama dewa-dewi dalam mitologi Jepang??? Nah setelah kemaren kita membahas tentang Amaterasu, Susanoo, dan Tsukuyomi dalam mitologi Jepang, kali ini kita akan membahas tentang Mitologi Jepang Kuno dibalik nama Kagutsuci, Izanagi, dan Izanami.
Mitologi Jepang Kuno dibalik nama Kagutsuci, Izanagi, dan Izanami

Kagutsuchi merupakan nama dari dewa api dalam mitologi Jepang. Ibu Kagutsuchi yang bernama Izanami tewas terbakar oleh api Kagutsuchi saat melahirkannya. Karena kejadian tersebut, suami Izanami yang bernama Izanagi merasa sangat terpukul dan memenggal kepala Kagutsuchi dengan pedang Ame no Ohabari. Konon setelah itu, tubuh Kagutsuchi dibelah menjadi delapan dan menjadi 8 gunung berapi yang ada di Jepang. Sementara darah yang menetes dari Pedang Izanagi tersebut melahirkan beberapa dewa seperti Dewa Laut Watatsumi dan Dewa Hujan Kuraokami.

Izanami merupakan dewi penciptaan dan kematian. Sementara Izanagi dikenal juga dengan nama Dewa Agung Izanagi. Sebenarnya keduanya merupakan kakak beradik yang diciptakan oleh dewa pertama yang bernama Kunitokotachi dan Amenominakanushi untuk menciptakan pulau pertama di Jepang.

Izanagi sang kakak dan Izanami sang adik akhirnya memutuskan menikah secara diam-diam. Buah dari pernikahan "terlarang" tersebut melahirkan dua orang iblis. Lalu mereka tobat dan kemudian meminta restu untuk menikah lagi. Di pernikahan keduanya ini, mereka melahirkan beberapa pulau di Jepang. Hingga akhirnya yang terakhir melahirkan Kagutsuchi (reinkarnasi api) yang membuat Izanami mati.

Setelah membunuh Kagutsuchi, Izanami pergi berkunjung ke dunia bawah untuk menjemput Izanami lagi. Namun semua tidak sesuai rencana. Izanami sudah memakan makanan neraka dan wujudnya sudah berubah menjadi seram seperti penghuni neraka pada umumnya. Izanagi yang ketakutanpun memilih untuk meninggalkan Izanami sendirian di neraka.

Akhirnya cinta mereka berubah menjadi saling kutuk. Izanami bersumpah akan membunuh seribu manusia setiap harinya, sementara Izanagi bersumpah akan melahirkan 1500 manusia setiap harinya.

Sekembalinya dari dunia bawah, Izanagi melahirkan 3 orang anak. Amaterasu (dewa matahari) lahir dari mata kirinya, Tsukuyomi (Dewa Bulan) lahir dari mata kanannya, dan Susanoo (dewa badai) lahir dari hidungnya.

Sumber: wikipedia

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons