Saturday 11 October 2014

Genre anime yang aman untuk ditonton

Budaya di Jepang sangat berbeda dengan budaya di Indonesia. Meskipun sama-sama disebut sebagai negara Timur yang berbudaya tinggi menurut orang Barat, tetapi budaya di Jepang tidak sepenuhnya bisa diterapkan di Indonesia. 
Genre anime yang aman untuk ditonton

Batasan etika dan moral di Indonesia berbeda dengan di Jepang. Bukan untuk membanding-bandingkan tetapi untuk sekedar tahu saja bahwa akan lebih baik jika kita menyaring budaya Jepang yang mulai mengagresi Indonesia saat ini.

Jepang memperkenalkan budaya mereka melalui beragam media. Salah satunya adalah dengan manga dan anime yang sudah sangat mendunia. Beberapa budaya Jepang seperti tentang menghormati orang tua, menjaga kebersihan, dan etos kerja tinggi sangat wajib kita tiru. Namun untuk masalah gaya berpakaian, pendidikan sex, dan soal kekerasan, banyak yang tidak dapat untuk ditolerir. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita bertindak preventif. Salah satunya adalah dengan menyaring anime dan manga yang kita ikuti.

Mungkin akan sangat sulit untuk memilah secara keseluruhan mengenai genre anime yang aman untuk ditonton, karena beberapa adegan yang tidak layak dipertontonkan terkadang terselip dalam anime action, romance, maupun komedi. Namun berdasarkan pengalaman, ada beberapa genre yang bisa dibilang memiliki tingkat keamanan yang baik untuk ditonton. Berikut adalah beberapa genre anime yang aman untuk ditonton menurut pengalaman saya :

1. Slice of life
Tidak seperti anime berjenis romance, kebanyakan anime bergenre slice of life lebih menekankan soal mimpi dan perjalanan karir daripada soal perjalanan cinta. Sehingga meski menceritakan tentang kehidupan nyata orang-orang Jepang, anime dalam genre ini sangat jarang sekali ada yang menampilkan sisi erotis dan kekerasan. Sebaliknya, banyak sekali pesan moral yang bisa diambil. So, sangat aman untuk ditonton. Beberapa anime bergenre Slice of life yang menurut kami sangat aman dan layak tonton antara lain : Bakuman, K-ON, dan Barakamon.

2. Sports
Terkadang masih ada beberapa adegan kurang pantas yang ditampilkan, tetapi frekwensinya sangat sedikit sekali. Karena anime sport lebih cenderung menceritakan tentang dunia olahraga, hal-hal tentang percintaan sangat dikesampingkan. Sehingga cukup aman ditonton semua umur. Beberap anime sport yang aman untuk ditonton antara lain Yowamushi Pedal, Captain Tsubasa, Slam Dunk, dan Haikyu!!.

3. Mecha
Bisa dibilang, anime Mecha pasti identik dengan pertempuran. Namun berbeda dengan anime Action kebanyakan, adegan pertempuran dalam anime Mecha terbilang cukup aman untuk ditonton karena tidak terlalu mengeksploitasi kesadisan. Alur cerita yang terbilang serius membuat penontonnya lebih tertarik pada alur ceritanya daripada bentuk pakaian para karakter cewek yang terkadang terlihat cukup sexy. Beberapa anime Mecha yang menurut kami aman untuk ditonton antara lain : Aldnoah Zero, Evangelion, Patlabor, dan Gundam Series.

Kami tidak memasukkan genre Action, romance, dan komedi ke dalam chart ini karena sejauh yang kami ikuti, kebanyakan anime dengan genre tersebut selalu disisipi adegan Echi sebagai Fan Service. Namun tidak semuanya begitu. Sebut saja Naruto, Kateikyo Hitman Reborn, dan masih banyak lainnya yang tidak disisipi Echi.

Anime Mecha kita masukkan dalam chart aman sementara anime action tidak, karena akhir-akhir ini anime Action terlalu banyak mengeksploitasi kesadisan dengan menampilkan darah dimana-mana. Tontonlah anime secara bijak. Ingat, Anime itu bukan tontonan anak-anak, tetapi tontonan yang sudah baligh, yang sudah bisa membedakan mana yang baik, dan mana yang tidak.

Demikian opini kami. Semoga secinta apapun kita terhadap anime dan manga, kita tidak pernah lupa bahwa kita lahir, besar, dan hidup di Indonesia. Negeri yang bermartabat, bermoral, dan berbudaya. Negeri yang nasibnya ada di tangan kita, generasi muda Indonesia. I love anime and I Love Indonesia. PEACE!!!

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons