Tuesday 24 June 2014

7 Anime Sepakbola yang pernah tayang di TV Indonesia

Seperti yang kita ketahui, saat ini TV Indonesia memang sedang defisit tayangan anime. Namun beberapa waktu yang lalu saat acara musik pagi dan reality show belum menguasai dunia pertelevisian Indonesia, banyak sekali tayangan anime yang berseliweran. 

Saat momen-momen Piala Dunia seperti saat ini, pada jaman saya masih SD-SMP dulu biasanya banyak anime ber-genre sepak bola yang ditayangkan di TV. Saat ini juga ada sih, seperti Captain Tsubasa di ANTV (sudah diulang-ulang berkali-kali), dan Galaxy Kick Off di Indonsiar. Dan berikut ini adalah daftar singkat, padat, dan berisi mengenai 7 Anime Sepakbola yang pernah tayang di TV Indonesia :

1. Captain Tsubasa Series
Captain Tsubasa Series
Merupakan serial anime sepak bola yang paling sering diputar di TV Indonesia. Beberapa TV swasta nasional pernah menayangkan serial dan movie dari Captain Tsubasa. Dan pada Piala Dunia 2014 ini, ANTV menayangkan kembali serial anime Captain Tsubasa.  Sayangnya jadwal tayangnya nggak jelas. Kemaren nggak sengaja liat sekitar jam 9-an pagi.

2. Shoot
Shoot Anime
Sebelum diakuisisi oleh Trans Corp (sekarang CT Corp), Trans7 awalnya bernama TV 7. Di awal kelahirannya, TV 7 seolah menjadi TV Anime. Setiap hari dari siang hingga malam, kebanyakan acaranya aalah anime. Dan salah satu anime sepakbola yang ditayangkan di TV 7 adalah SHOOT. Berkisah tentang 3 anak kelas 1 SMA yang kembali tergabung dalam sebuah klub sepak bola sekolah dan berjuang menaklukkan ketatnya persaingan level nasional tingkat sekolah.

3. Offside
Offside Anime
Selain Captain Tsubasa yang saat ini masih sering ditayangkan di ANTV, dulu sekali ada anime sepakbola lain yang juga ditayangkan di TV swasta ini, yaitu OFFSIDE. Saya baru nonton animenya sekali, tetapi sudah hampir tamat membaca Manga-nya. Bercerita tentang sebuah klub sepakbola SMA yang hampir bubar. Ternyata kiper dari tim SMA tersebut sebenarnya memiliki bakat luar biasa sebagai seorang penyerang, tetapi tidak ada yang menyadarinya hingga seorang murid baru yang berposisi sebagai kiper datang ke sekolahnya. 

Keunggulan anime ini dibandingkan dengan anime sepakbola lain (menurut saya), adalah alur ceritanya yang sangat realistis. Perjuangan untuk menjadi juara tingkat SMA tidak langsung begitu saja diraih. Mereka harus gagal dalam berbagai turnamen, hingga ganti tahun ajaran baru. Bahkan saat mereka sudah dianggap sebagai tim yang kuat, mereka harus gugur dalam pertandingan pertama karena apes berhadapan dengan Tim juara bertahan.

4. Wild Striker
Wild Striker
Pernah tayang hingga beberapa episode di Indosiar. Berkisah tentang seorang anak bandel yang membenci sepak bola karena selalu dibanding-bandingkan dengan kakaknya yang bermain di sebuah klub elit di Eropa. Namun, seorang pelatih sepak bola SMA begitu tertarik menjadikannya seorang striker, setelah melihat kekuatan tendangannya saat memancing.

5. Whistle
Whistle
Seperti halnya OFFSIDE, saya juga tidak selesai menonton anime WHISTLE, tetapi saya membaca manga-nya hingga selesai. Berbeda dengan anime manga lainnya yang berkisah tentang menjuarai turnamen SMA, WHISTLE lebih menekankan tentang perjuangan si tokoh utama yang sangat mencintai sepak bola. Meskipun tubuhnya kecil, dan dianggap tidak berbakat, tetapi dia terus berlatih tak kenal lelah, dan mau belajar kepada siapa saja. Hingga akhirnya dia dipanggil untuk masuk dalam camp latihan timnas muda Jepang mewakili sekolahnya. 

Sayangnya karena dia begitu terobsesi untuk menjadi pesepakbola terbaik, pada final pertandingan di camp, kakinya patah demi membuat timnya menang. Si tokoh utama memang tidak menjadi pemain profesional, dan harus menjalani perawatan di Jerman, tetapi semangatnya yang selalu serius untuk menang dalam setiap pertandingan, meskipun dalam pertandingan latihan, membuat teman-temannya menjadi termotivasi. Bahkan dua teman satu timnya yang awalnya hanya "main-main", pada saat SMA menjadi pemain Pro di J-liga karena termotivasi oleh si tokoh utama.  WHISTLE sempat tayang di TV 7 (sekarang Trans 7).

6. Inazuma Eleven
Inazuma Eleven
Anime sepakbola yang pernah tayang di Indosiar ini merupakan tipe sepakbola fantasi yang jauh lebih parah dibandingkan Shaolin Soccer. Selain memiliki jurus-jurus yang tidka masuk akal, musuh-musuhnya pun tidak masuk akal. Sama sekali tidak mengikuti peraturan sepakbola yang normal. Meskipun demikian, tetap saja anime ini seperti anime olahraga yang lainnya, yaitu memiliki pesan moral yang kuat untuk tidak pernah menyerah pada keadaan.

7. Galaxy Kick Off
Galaxy Kick Off
Merupakan anime sepakbola terbaru yang saat ini (Juni 2014) mulai tayang di Indosiar setiap hari Minggu sekitar pukul setengah 8 pagi. Alur ceritanya saya kurang paham, jadi, tonton saja sendiri kalau penasaran. OK?!?!?

Usai sudah kiranya daftar 7 Anime Sepakbola yang pernah tayang di TV Indonesia. Kalau saya tambahkan lagi, nanti jadinya g sesuai dengan judul donk???! Jadi ya sudahlah, ini saja. Terima kasih. ^_^

11 komentar:

Unknown said...

dragon league?

Admin said...

Nice info gan. jadi teringat masa kecil hehe.

-houseimho.blogspot.com

Anonymous said...

Dulu sekitar tahun 2004 kalau gak salah ada kartun sepakbola asal Italia tayang di SCTV jam 4 pagi itu apa yah judulnya

Anonymous said...

Dulu sekitar tahun 2004 kalau gak salah ada kartun sepakbola asal Italia tayang di SCTV jam 4 pagi itu apa yah judulnya

Wahyu said...

Itu yg no 7 di indosiar ky nya blm slsai trahir di indosiar epis brp?

kiki said...

Anime yang ceritnya sepak bola pakek robot terus nama clubny footbear itu apa ya judulnya

Unknown said...

ane juga nyari ini, ga pernah dapet gan

Unknown said...

yang pernah ditayang di tvn yang sekarang jadi rajawali tv yang tentang bola tapi yang main robot kecil apa judulnya ya???

Rayen_031 said...

ALL FOOTBAL GGO

Unknown said...

"Moero,top striker" kayanya gan

Unknown said...

Yg gua cri kelihatan sma kya kmu deh.tpi nga dpat

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons