Saturday 8 February 2014

Serial Kamen Rider yang diadaptasi menjadi versi Amerika

Dulu saya pikir Power Rangers itu aslinya berasal dari Amerika dan orang Jepang hanya meniru-niru. Namun ternyata saya salah. Power Rangers ternyata adalah adaptasi dari Super Sentai Jepang. Saya pun jadi berpikir, jangan-jangan selain Super Sentai, ada lagi Tokusatsu Jepang yang diadaptasi menjadi versi Amerika. Dan ternyata benar. Ada beberapa super hero Jepang yang juga diadaptasi menjadi versi Amerika, seperti Ultraman, dan Kamen Rider.

Nah kali ini kita akan membahas tentang serial Kamen Rider yang sudah diadaptasi menjadi versi Amerika. Tak sebanyak Super Sentai memang, tetapi tidak ada salahnya kalau kita coba ulik lebih dalam. 

Setelah searching di Google cukup lama, akhirnya saya hanya bisa menemukan 2 seri kamen rider yang "diubah" menjadi versi Barat, yaitu Kamen Rider Black RX menjadi Masked Rider, dan Kamen Rider Ryuki menjadi Kamen Rider Dragon Knight.

1.  Masked Rider
Masked Rider, versi Amerika dari Ksatria Baja Hitam RX
Diadaptasi dari serial Kamen Rider legendaris "Ksatria Baja Hitam RX" yang merupakan generasi ke-9 dari franchise Kamen Rider. Masked Rider diproduksi oleh Saban dan ditayangkan dalam program FOX Kids mulai dari 16 September 1995 hingga 31 Agustus 1996. Lalu ditayangkan lagi pada 9 September 1996 hingga September 1997.

Alur Cerita Masked Rider sangat berbeda dengan Kamen Rider RX, mulai dari asal usul kekuatan si super hero hingga konflik yang berlangsung. Bagi yang sudah pernah menonton Kamen Rider RX, mungkin akan merasa bahwa Masked Rider hanya seperti sebuah Film Parodi dari Kamen Rider RX. Yah, mungkin ceritanya diubah sedemikian rupa untuk disesuaikan dengan target penonton di Amerika, yaitu anak-anak. Sementara Kamen Rider RX menyasar target remaja juga di Jepang.

2. Kamen Rider Dragon Knight
Kamen Rider Dragon Knight, versi Amerika dari Kamen Rider Ryuki
Meski tidak sesukses Power Rangers dalam mengadaptasi Super Sentai, sepertinya Amerika masih tertarik untuk mengadaptasi serial Kamen Rider yang lain. Sasaran berikutnya adalah Kamen Rider Ryuki yang diadaptasi menjadi Kamen Rider Dragon Knight.

Ditayangkan perdana pada 13 Desember 2008 dan ditayangkan secara resmi sejak 3 Januari 2009 dan berlangsung secara continue sepanjang tahun tersebut oleh CW Television Network dalam program CW4Kids.  

Seperti halnya Masked Rider, Kamen Rider Dragon Knight juga hanya mengambil tokoh-tokoh super hero-nya saja. Alur cerita Kamen Rider Ryuki yang begitu rumit dan misterius diubah menjadi sesuatu yang lebih sederhana dan "heroik". 

Bagi penggemar kamen Rider Ryuki yang kebanyakan adalah anak usia remaja hingga dewasa, banyak yang tidak begitu tertarik dengan versi Amerika-nya. Bahkan ada yang menyebut Kamen Rider Dragon Knight itu 'nggak jelas'. Alasannya sederhana, yaitu alur ceritanya tak sekompleks Kamen Rider Ryuki.

Sumber : wikipedia

1 komentar:

Sandhy said...

Saya lebih suka versi Kamen ridernya ketimbang yg masked rider..
Sarang Semut Papua Buah Merah Papua

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons