Thursday 13 February 2014

Mengenal Lebih Dekat Eiichiro Oda, pengarang Manga One Piece

Foto Eichiiro Oda, pengarang One Piece
Eiichiro Oda lahir pada tanggal 1 Januari 1975 di kota Kumamoto, perfektur Kumamoto, Jepang. Orang ini disebut-sebut sebagai salah satu Mangaka yang berhasil mengubah sejarah manga berkat karya spektakulernya, One Piece.

Eiichiro Oda mengaku bahwa dia sudah menjadi seorang Mangaka sejak berusia 4 tahun. Tokoh yang menjadi inspirasinya adalah Akira Toriyama dengan manga karyanya Dragon Ball. Sementara ketertarikan Oda dengan "bajak laut" terjadi setelah dia melihat serial animasi yang berjudul Vicky the Viking.

Oda juga pernah membuat karakter yang bernama Pandaman untuk dimasukkan dalam manga klasik Kinnikuman. Uniknya, karakter Pandaman tidak habis sampai di situ saja. Oda secara diam-diam sering memasukkan karakter Pandaman sebagai Cameo dalam berbagai scene didalam manga One Piece. Kalau kalian penggemar One Piece sejati, pasti sudah lama mengetahui keberadaan Pandaman di One Piece.

Saat berumur 17 tahun, Oda mengajukan karyanya yang berjudul "Wanted!" dan memenangkan beberapa penghargaan, termasuk posisi kedua pada penghargaan bergengsi Tezuka Award. Berkat hasil tersebut Oda pun mendapatkan pekerjaan di majalah mingguan Shonen Jump sebagai asisten dari Shinobu Kaitani penulis Suizan Police Gang sebelum pindah lagi menjadi asisten Masaya Tokuhiro dalam Jungle King Tar-chan dan Mizu no Tomodachi Kappaman yang secara tidak sadar sudah mempengaruhi seni menggambarnya.

Pada usia 19 tahun, Oda menjadi asisten dari Nobuhiro Watsuki dalam Rurouni Kenshin, sebelum mememangkan Hop Step Award sebagai New Artist. Watsuki berterima kasih kepada Oda karena telah membantu membuat karakter Honjo Kamatari dalam Rurouni Kenshin.

Pada masa-masa tersebut, Oda membuat cerita tentang bajak laut yang diberi judul "Romance Dawn" yang diterbitkan oleh Akamaru Jump dan Majalah Shonen Jump pun menerbitkannya pada akhir tahun 1996. Dan tahukah kalian bahwa karakter yang bernama "Monkey D. Luffy" yang sekarang begitu terkenal sebagai tokoh utama One Piece, ternyata dulunya adalah karakter utama dari Romance Dawn.

Pada tahun 1997, One Piece mulai diterbitkan pada majalah mingguan Shonen Jump dan menjadi salah satu manga paling populer di Jepang. Dan saat ini One Piece manjadi manga paling laris sepanjang sejarah dengan penjualan mencapai 345 juta copy pada tahun 2013.

Tidak hanya penjualan totalnya saja yang memecahkan rekor, beberapa volume One Piece pun berhasil memecahkan rekor penjualan yang fantastis. Berikut ini adalah daftar rekor penjualan beberapa volume One Piece:
  • Volume 56 yang terjual hingga 2,85 juta copy pada tahun 2009 menjadi manga dengan penjualan cetakan awal terbanyak, paling banyak dari manga apapun yang pernah dibuat.
  • Volume 57 terjual hingga 3 juta copy pada tahun 2010 dan menjadi buku (bukan sekedar Manga) dengan penjualan cetakan awal terbanyak di Jepang.
  • Volume 67 memecahkan rekor Volume 57 dengan penjualan mencapai 4,05 juta copy pada tahun 2012 pada cetakan pertamanya.
  • Pada tahun 2013 lalu, One Piece memenangkan penghargaan yang bertajuk " 41st Japan Cartoonists Association Award Grand Prize" bersama dengan Nekodarake Nice-nya Kimuchi Yokoyama.
Pada sebuah jajak pendapat yang dilakukan pada tahun 2008 oleh Oricon, Oda menduduki peringkat kelima sebagai mangaka terfavorit di Jepang bersama dengan Yoshihiro Togashi pengarang Yu Yu Hakusho dan Hunter x Hunter. Dan pada jajak pendapat tahun 2010 yang bertajuk "Mangaka that Changed the History of Manga", Oda menduduki peringkat ke-4.

Untuk masalah kehidupan pribadinya, tidak banyak yang diketahui tentang Oda. Hanya diketahui bahwa setelah Oda bekerja sebagai Asisten dari Watsuki, Oda, Hiroyuki Takei, dan Mikio Ito menjadi teman yang akrab. Oda juga mengatakan bahwa dia berteman dekat dengan Mitsutoshi Shimabukuro, penulis Manga Toriko.

Pada tahun 2009, seorang wanita ditahan karena mengirimkan seratus email ancaman kepada Oda dari September hingga Desember 2007. Wanita tersebut diketahui sebagai istri dari seorang asisten di kantor Oda yang dipecat.

Sebagai tambahan, Konon Eiichiro Oda sebagai pembuat Manga paling laris sepanjang sejarah menolak undang-undang SOPA dan PIPA loh!!! Padahal karyanya banyak dibajak di dunia maya maupun nyata. Oda memang keren... ^_^

Sumber : Wikipedia

1 komentar:

Sandhy said...

wah ini dia si sensei....
Sarang Semut Papua Buah Merah Papua

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons