Saturday 4 January 2014

5 Anime bergenre Game Virtual Reality seperti SAO

Kesuksesan yang diraih oleh Anime Sword Art Online di tahun 2012 sungguh luar biasa. Padahal Anime bergenre Game Virtual Reality seperti SAO ini bukanlah sebuah hal yang baru. Namun sepertinya kehadiran SAO membuat genre semacam ini kembali populer saat ini. Sehingga beberapa anime baru muncul dengan genre yang sama .

Nah, berikut ini adalah anime-anime yang bergenre Game Virtual Reality mirip Sword Art Online yang populer di dunia yang mungkin bisa dijadikan rujukan untuk masuk dalam daftar tonton anda.

1. Sword Art Online II ( SAO 2)
SAO season 2
Sukses dengan kemunculan perdananya pada tahun 2012, SAO akan hadir dengan seri kedua pada tahun 2014 ini dengan judul "Phantom Bullet". Karena diangkat dari Light Novel, diperkirakan SAO 2 juga akan lebih menekankan tentang kekuatan cerita, bukan seni pertarungan, seperti One Piece, Naruto, atau Dragon Ball. Namun, ini justru merupakan kekuatan dari Anime SAO yang membuat anime ini menjadi begitu sukses. 

2. .hack Trilogy
.hack//SIGN
Dikisahkan bahwa dimasa depan sebuah game online yang disebut "The World" begitu populer. Seorang remaja yang tanpa tahu asal usulnya tiba-tiba sudah berada di dalam The World dan tidak tahu kenapa dia ada di dalam dunia virtual tersebut.
Anehnya, jika semua pemain bisa log out, remaja tersebut tidak bisa log out sendiri. Selain itu dia juga mendapatkan sebuah gelang yang memiliki kekuatan luar biasa yang diberikan oleh sebuah karakter tidak dikenal. Gelang tersebut pun menjadi kekuatan menakjubkan sekaligus sumber masalah baginya karena ternyata itu adalah sebuah item terlarang.
Demikian trilogy anime .hack dimulai dengan judul .hack//SIGN dan tayang mulai tahun 2002 di Jepang dan 2003 di jaringan Cartoon Network US. Sekuel anime .hack lainnya juga tidak jauh-jauh dari dunia game virtual.

3. Log Horizon
log-horizon
Sebuah game MMORPG yang disebut "Elder Tale" meraih sukses global dengan berhasil menjaring satu juta pengguna lebih. Namun saat update dari versi 11 ke versi 12, sebanyak 30.000 gamer Jepang yang log in pada saat bersamaan tiba-tiba masuk ke dalam dunia game tersebut, padahal pada awalnya mereka hanya bermain di depan monitor.
Tidak ada yang tahu apa yang sebenarnya terjadi dengan mereka, tetapi dunia yang mereka huni saat ini sama persis dengan "Elder Tale" yang selama ini mereka mainkan di layar komputer. Seorang pemain bernama Shiroe mencoba untuk bertahan dengan teman lamanya Naotsugu dan seorang asasin cantik bernama Akatsuki.
Anime ini mulai tayang tanggal 5 Oktober 2013, dan sepertinya cukup menarik banyak pecinta anime dunia.

4. GANTZ
anime GANTZ
Entah ini termasuk Game Virtual Reality atau bukan yang jelas dalam GANTZ dikisahkan beberapa orang yang seharusnya sudah mati diberi kesempatan hidup kedua kalinya dengan syarat mengikuti sebuah permainan hidup dan mati melawan Alien.
Ketika 5 seorang dipanggil oleh GANTZ, mereka akan berada dalam sebuah dunia yang sama persis dengan dunia nyata tetapi tidak ada manusia lain selain  mereka berlima. Kelima orang tersebut harus menyelesaikan misi membunuh alien dan mengumpulkan poin hingga 100. Jika sudah mendapatkan 100 poin, orang yang bersangkutan dapat hidup normal kembali dengan ingatan yang di-reset sehingga tidak ingat lagi akan adanya GANTZ.
Bagi yang suka dengan anime yang berbau kekerasan dan seksualitas, anime GANTZ bisa menjadi tontonan yang menarik. Anime GANTZ sendiri mulai ditayangkan sekitar tahun 2004. Ada 2 versi dari anime ini yaitu versi Cencored yang tayang di TV Jepang, dan versi Uncencored yang berbentuk DVD. Sebagai tambahan, GANTZ juga sudah dibuat versi Live Action. Untuk versi Live Action, adegan-adegan "mesum" dihilangkan.
 
5. Accel World
Anime Accel World
Pada tahun 2140, sebuah teknologi sinkronisasi jaringan otak yang bernama Neuro-Linker memungkinkan manusia untuk memanipulasi kelima panca indera mereka dan memasuki dunia virtual. Dalam dunia virtual tersebut para pengguna dapat memilih avatarnya sendiri, dan merasakan berbagai hal menakjubkan yang seolah terasa seperti di dunia nyata.  
Seorang pemuda gendut yang payah di dunia nyata mencoba melarikan diri dengan memasuki dunia virtual tersebut. Ternyata di dunia virtual dia juga tetap saja payah. Hingga dia bertemu dengan seorang gadis cantik dan cerdas bernama kuroyukihime.
Anime ini mulai tayang pada tahun 2012 lalu. Bagi yang suka dengan moe, sepertinya anime ini sangat cocok untuk anda.

Sebenarnya banyak anime lain yang bertema Virtual Reality atau Virtual World lainnya seperti Digimon, tetapi saya rasa kelima Anime di atas adalah anime bergenre game virtual reality populer yang paling mendekati SAO. Kalau ada yang mau menambahkan, silahkan tulis di kolom komentar, tentunya detil dari judul dan alur ceritanya yak!!! ^_^

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons