Wednesday 4 December 2013

5 Seri Ultraman Terbaik Hingga Saat Ini

Selain seri Kamen Rider, Ultraman merupakan seri Tokusatsu yang juga saya gemari, jauh lebih saya gemari dari pada seri Super Sentai yang suka main keroyokan. Dari semua seri Ultraman yang pernah ada, saya kurang begitu suka dengan seri Ultraman yang berasal dari Planet Ultra. Saya lebih senang menonton seri Ultraman Cahaya yang dimulai dari Era Ultraman Tiga.
Menurut saya seri Ultraman dari Planet Ultra tidak memiliki kekuatan dalam cerita, hanya jumlah super heronya saja yang banyak banget. Lain halnya dengan seri Ultraman Cahaya yang memiliki greget kuat dalam segi alur ceritanya. Nah berikut ini 5 seri Ultraman yang menurut saya paling keren hingga akhir tahun 2013 ini.

1. Ultraman Tiga
Poster Ultraman Tiga
Ini adalah serial Ultraman Cahaya pertama yang membawa evolusi cerita Ultraman ke arah yang 'lebih baik'. Ultraman Tiga adalah seri Ultraman yang paling saya sukai. Memiliki alur cerita yang tidak biasa, lengkap dengan kisah cinta Rena dan Daigo.
Jika seri Ultraman sebelumnya selalu berasal dari Planet Ultra yang dikirim ke Bumi, Ultraman Tiga justru terbentuk dari kekuatan cahaya. Dimana kekuatannya dibangkitkan oleh kekuatan kebaikan dan semangat pantang menyerah yang dimiliki oleh Daigo.
Dalam seri Ultraman Tiga inilah untuk pertama kalinya saya melihat mode perubahan wujud Ultraman. Tiga menjadi lebih gesit saat tubuhnya berubah Biru, menjadi lebih kuat dalam tubuh berwarna merah, dan menjadi gesit dan kuat dalam mode campuran.
Fakta menarik dari Ultraman Tiga yang mungkin belum anda ketahui adalah :
  1. Ultraman TV Series pertama di jaman Heisei (tahun 2000 hingga sekarang).
  2. Ultraman pertama yang bisa berubah menjadi 3 warna.
  3. Ultraman TV Series pertama yang berwarna selain merah.
  4. Ultraman TV Series pertama yang tidak berhubungan dengan Nebula M78  (Planet Ultra).
  5. Ultraman pertama yang berwarna Ungu.
  6. Ultraman pertama dimana Human Hostnya adalah Anggota Band terkenal. 
Dengan segala hal "pertama" yang dimilikinya, tidak mengherankan jika seri Ultraman Tiga menjadi trendsetter baru di dunia Tokusatsu Ultraman.

2. Ultraman The Next
Poster Ultraman The Next
Ultraman yang satu ini juga tidak berasal dari Planet Ultra. Ultraman The Next bukanlah serial TV, melainkan Movie Ultraman. Kekuatan The Next tidak berasal dari Planet Ultra ataupun dari Cahaya, melainkan kekuatan kerjasama alien (ultraman) dengan semangat manusia.
Beberapa fakta unik dari Ultraman The Next antara lain :
  1. The Next merupakan ultraman pertama yang saya ketahui yang lampu indikator di dadanya tidak berbentuk bulat, melainkan berbentuk seperti lambang "mercy".
  2. The Next merupakan ultraman pertama yang saya ketahui berubah wujud tanpa alat perubahan.
  3. The Next bisa mengatur ukuran tubuhnya hingga beberapa kali pembesaran, tidak seperti Ultraman sebelumnya yang ukuran tubuhnya langsung raksasa atau seukuran tubuh manusia.
  4. Manusia yang berubah menjadi The Next bukanlah pilot pasukan khusus pembasmi monster.
Movie Ultraman yang satu ini memiliki alur cerita yang sangat kuat, menurut saya. Tidak asal berubah bentuk lalu menghajar musuh-musuhnya. Dengan segala kelebihannya ini, saya rasa Ultraman The Next adalah Masterpiece berikutnya dari seri Ultraman.

3. Ultraman Dyna
Poster Ultraman Dyna
Seri Ultraman yang satu ini bisa dibilang sebagai lanjutan dari Ultraman Tiga. Memiliki alur cerita dan karakter yang kuat, Ultraman Dyna hadir untuk melanjutkan trend positif serial Ultraman yang dibawa oleh Ultraman Tiga.
Terus terang saya tidak mengikuti dari awal hingga akhir dari seri Ultraman Dyna. Namun dari beberapa episode dan movie-nya yang sempat saya tonton, Dyna memiliki daya tarik yang tidak kalah dengan Ultraman Tiga, sang nenek moyang generasi ultraman cahaya.

4. Ultraman Nexus
poster ultraman nexus
Ini adalah kelanjutan dari generasi Ultraman The Next. Memiliki alur cerita yang penuh intrik dengan karakter utama yang justru bukan Ultramannya sendiri, seri Ultraman Nexus saya rasa membawa nafas baru dalam variasi serial Ultraman setelah Ultraman Tiga. Alur cerita Ultraman Nexus terbilang cukup kompleks untuk dipahami oleh anak kecil.
Fakta menarik dari Ultraman Nexus antara lain :
  1. Ultraman Nexus mampu membuat ruang dimensi sendiri, sehingga saat bertarung dengan monster raksasa tidak membuat kerusakan di dunia manusia.
  2. Ultraman Nexus justru dianggap sebagai ancaman bagi kelangsungan hidup manusia, seperti halnya kehadiran monster, oleh organisasi pertahanan bumi.
  3. Yang mampu berubah menjadi Ultraman Nexus bukanlah si tokoh protagonis.
  4. Di serial ini, keberadaan monster tidak diketahui oleh publik, karena organisasi penghancur monster bergerak secara rahasia dalam menghabisi monster-monster.
5. Ultraman Gaia
Poster Ultraman Gaia
Terus terang saya sendiri tidak terlalu tertarik dengan serial Ultraman yang satu ini. Saya rasa tidak ada sesuatu yang istimewa dari seri Ultraman Gaia. Saya memasukkannya kedalam chart ini hanya sebagai pelengkap agar cocok dengan judul artikel. Namun demikian, saya rasa Gaia masih lebih menarik untuk ditonton daripada seri Ultraman lainnya yang hadir di era heisei ini. ^_^ 

Demikian 5 Seri Ultraman Terbaik Hingga Saat Ini, menurut penilaian saya pribadi. Mohon maav jika ada yang tidak setuju, karena selera orang beda-beda. Namun seenggaknya beginilah yang saya rasakan setelah mengikuti beberapa seri Ultraman dari jaman saya kecil dulu. ^_^

4 komentar:

Unknown said...

Setuju, tapi, si GAIA

Unknown said...

hihi

Unknown said...

Blog buat download video ultraman dyna sub indo dg resolusi 480p dimana ya min...? Mohon bantuanya

ACHBN said...
This comment has been removed by the author.

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons